Minggu, 11 Desember 2011

CARA MENGATASI CEMBURU

1. Terima hakikat bahwa sifat cemburu kita adalah masalah kita sendiri & kita bertanggungjawab mengatasinya sendiri. Pikirkan tidak siapa yang dapat membuat kita cemburu. Kita dapat mengontrol pikiran dalam bentuk situasi pun. Ingatlah, pilihan terletak pada diri sendiri, bukannya orang lain.



2. Hormati perasaan pasangan kita. Seperti kita, dia juga memiliki hak untuk menilai kecantikan wanita / lelaki lain. Jika kita dapat melakukannya, kita sudah dapat mengatasi sifat cemburu.


3. Bagi diri sendiri waktu untuk mengatasinya. Jika kita memang seorang yang cemburu, usah berharap kita bisa berubah dalam waktu yang singkat.


4. Tuliskan apa perasaan kita bila kita merasa cemburu. Marah? Tidak tentu arah? Menangis? Geram? Rasa malu? Rasa bersalah? atau bertindak kasar? Apakah kita ingin melanjutkan hidup kita dengan cara ini? Jika jawabannya tidak, maka cepat2 lah berubah.


5. Coba pikirkan bagaimana cemburu kita meledak. Apakah adil kita menyisihkan pasangan kita dari orang lain? Parah sangatkah dia bila dia senyum pada seorang wanita / pria lain? Tidakkah kita sendiripun pernah tersenyum pada wanita / pria lain?


6. Banyak orang yang memiliki perasaan & masalah cemburu suka menyalahkan orang lain. Mereka sering mencari kesalahan orang lain & ingin pihak yang satu lagi mengubah sikap tetapi dalam masa yang sama tidak melihat kesalahan sendiri. Terima hakikat bahwa kita manusia sebenarnya tidak sempurna.


7. Bagaimana erat pun hubungan anda berdua, terima fakta bahwa masih ada pria / wanita lain yang lebih cantik, bijak & baik. Jadi janganlah mencoba mengongkong pasangan kita. Habiskan waktu bersamanya dengan penuh kegembiraan. Jangan biarkan hubungan kita goyang dengan imaginasi kita yang karut.


8. Bina keyakinan diri. Kita mungkin merasa tidak aman jika selalu bergantung pada pasangan. Luaskan persahabatan dengan orang lain.


9. Jika rasa cemburu kita sedang memuncak, bayangkan apa yang akan terjadi jika kita melepaskannya ke pasangan kita. Misalnya jika pasangan dipromosikan & memiliki seorang sekretaris yang cantik, kita patutnya ucapkan tahniah & bukannya menyindir. Jika dia ingin curang dengan siapapun, dia tetap akan buat tak kira la samada kita cemburu atau tidak. Cemburu tidak akan dapat menghalangi mereka.


http://tipbimo.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar